[ad_1]

Perayaan: Utopia Amerika atau Stepford?

"Pembangunan kota adalah salah satu prestasi terbesar manusia. Bentuk kotanya selalu dan akan selalu menjadi indikator yang kejam dari keadaan peradabannya." Edmund Bacon, 1967

Seni bangunan kota, setelah tersesat dan dipulihkan selama lebih dari setengah abad demi pengembangan jalur komersial terdesentralisasi dan gepeng pinggiran kota (langkah modernisme), dibangkitkan di beberapa & # 39; Kota Baru & # 39; proyek-proyek tanam di seluruh negeri. Seaside, Newport, Windsor (semuanya di East Coast) dan kini Disney Celebration telah menangkap hati dan dompet orang Amerika yang menginginkan jalan tengah antara limbah infrastruktur dan isolasi sosial dari pinggiran kota kami yang halus dan kepadatan yang lebih tinggi, parau / stereotip kejahatan kota besar. Moot (kadang-kadang) bonus adalah bahwa di suatu tempat di antara ini mungkin ada rasa komunitas yang baru ditemukan.

Jutaan orang Amerika di daerah pinggir kota kami yang steril memungkinkan mereka untuk merampas kebutuhan manusia: untuk mengalami pendidikan sosial / lingkungan yang seimbang (bahwa rekan-rekan Eropa kami menikmati hari ke hari). Isolasi dan pelarian politik memiliki akar dalam jiwa kita. Melalui masa hidup kita, interaksi minimal setiap hari untuk anak-anak dan orang dewasa dengan berbagai bagian individu dengan berbagai usia dengan perbedaan budaya, etnis, dan ekonomi membatasi pandangan dunia kita dan pemahaman satu sama lain. Isu-isu inti masyarakat, partisipasi demokratis, dan tanggung jawab individu diabaikan karena mereka menyentuh tema filosofis dan sosial yang lebih mendalam yang terus dihindarkan oleh hati nurani Amerika.

Adapun Urbanisme Baru, kebanyakan orang Amerika tidak akan tahu jika itu menggigit mereka di derriere. Dimulai dengan mitigasi (suatu bentuk penyuapan hukum: perusakan lahan basah yang dilindungi – flora dan fauna, dengan imbalan $ 15 juta) Disney tidak menguntungkan pembagian yang khas dalam banyak hal. Pada Perayaan, para majikan akan pulang pergi ke tempat kerja mereka sementara para pekerja bergaji rendah dalam perjalanan pulang pergi di CBD. Hasil bersihnya adalah pencemaran otomatis sebanyak yang pernah terjadi sejak keseluruhan pengembangan mixed-use berada pada kepadatan yang lebih tinggi. Commons dan taman adalah produk sampingan dari banyak yang ketat yang merupakan perbaikan atas monoton subdivisi yang khas, tidak diragukan lagi.

Perayaan terlalu dikendalikan dan kurang kesadaran sosial. Ini elitis: jahe glosses ketimpangan sosial. Tidak ada bukti kontribusi individu oleh warga negara juga tidak akan ada sampai kepemilikan (Asosiasi Pemilik Rumah) berpindah tangan satu hari dan Disney akan dipertahankan secara hukum. Kendali totaliter, seperti di Paris Haussmann di bawah Napoleon III, tampaknya menjadi satu-satunya cara bagi orang Amerika menemukan jumlah kecil utopia. Melepaskan proses Demokratis adalah pertukaran yang dapat diterima untuk mendapatkan ketenangan pikiran (baca etnis, sosial, pembersihan ekonomi). Sejarah suram dari perencanaan dan zonasi modern yang gagal, yang semula dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas hidup, telah terbukti sebagai antiseptik, mematikan gejolak sosial dan lingkungan di mana satu-satunya pemenang adalah birokrat dan pengembang perusahaan.

Di Celebration architects telah dikotomi oleh kekuatan yang hanya bisa diturunkan oleh mandat eksekutif perusahaan. Desain kemahakuasaan yang terkait dengan tujuan perusahaan telah diselesaikan dalam sub-alis yang tinggi dan mahal pada stereoids. Anehnya, arsitektur pusat kota tampaknya merupakan produk kontrol manajemen yang lemah atas nama & # 39; yang diimpor; arsitek. Kebanalan Pastel dengan penyelesaian yang homogen (karena pengembang tunggal yang dibangun dari keseluruhan ensembel dan terlalu banyak STO) adalah merek dagang Disney. Anda bahkan dapat melihat semburat fasisme di urutan masuk ke proyek di mana kantor-kantor Disney Development berdiri secara abstrak dalam pertentangan tajam terhadap tradisi tradisional Kolonial dan Klasik yang lebih benar dari bangunan masyarakat lain di dekatnya.

Secara keseluruhan citra sektor perumahan mengingatkan salah satu fasad kota boom barat awal yang menyembunyikan bagian belakang rumah yang lebih kecil & # 39 ;. Fasad yang berlebihan dipadatkan berdampingan pada lahan sempit sementara infrastruktur diduplikasi dalam bentuk gang-gang belakang yang menyembunyikan 2-3 garasi mobil. Kemampuan bersosialisasi di sekitar halaman depan dan tepi jalan adalah hal yang sangat terganggu. Pemutaran hanya diperbolehkan di bagian belakang di mana sebagian besar keluarga akan menghabiskan waktu mereka di kolam dan aman dari bug. Mereka juga tidak akan terganggu oleh parade turis yang ingin tahu bahwa Disney berencana untuk menggambar ke pusat kota.

Meskipun memanfaatkan nama merek mereka dan menawarkan prediktabilitas total di semua aspek, Disney telah berusaha sangat keras untuk membeli lahan rawa di Florida terasa menyenangkan: & # 39; Utopia di piring & # 39 ;. Sans serendipity, kejutan, mistifikasi, atau kompleksitas keseluruhan tema secara ringkas adalah "pertahanan oleh hak istimewa". Sementara & # 39; warga & # 39; ingin sekali bangun di Mayberry, mereka mungkin akan tahu bahwa mereka benar-benar membeli ke Stepford.

BAGIAN 1: Tampilan Awal di Disney & # 39; Celebration & # 39;

Bagaimana jika mereka membangun kota dan tidak ada yang datang? (Sebuah pemikiran yang menarik tetapi mungkin tidak terjadi di sini karena inersia perusahaan dan pemasaran besar-besaran akan menjamin pembangunan.) Dalam hal ini saya merasakan rasa kehilangan yang aneh meskipun kadang-kadang pada awalnya memerah impian Classicist yang akan datang benar. Sementara banyak arsitek tradisional dan klasikis dan desainer telah meruntuhkan diskriminasi Modernist yang terjun ke dalam lingkungan binaan dan menyukai bahwa suatu saat kelak akan kembali ke penggunaan secara meluas dari prinsip desain klasik atau formal yang digabungkan dengan teori perencanaan yang lebih tradisional dan organik. , konsep pengaturan utopis untuk memamerkan & # 39; kembali ke tradisi & # 39; belum dicoba pada skala ini (kecuali dalam fantasi Leon Krier) dalam tiga dimensi. Sampai sekarang.

Pada akhir Februari tahun ini beberapa arsitek lokal dan perancang hunian diundang ke pratinjau Disney & # 39; Celebration & # 39 ;. Kota yang direncanakan sebesar 20.000 ini akan memiliki fasilitas kesehatan dan pendidikan yang canggih, sebuah pusat kota yang dirancang oleh kad & # 39; penting & # 39; periode gaya arsitek (termasuk entri Philip Johnson modernes agak mengejutkan) dan sekitar 8.000 banyak perumahan berbagai jenis dan ukuran, yang terluas menjadi 90 kaki dengan kemunduran sisi 15 kaki.

Manajer proyek, lulusan arsitektur Princeton dengan gelar MBA, bersikeras bahwa tujuan dari rencana induk adalah untuk menginduksi rasa komunitas; Harapannya adalah untuk mencapai campuran beragam kelompok usia dan latar belakang ekonomi di mana keluarga akan terus hidup di sana selama beberapa generasi. Dan ada panduan standar kontrol arsitektur yang diteliti dan diproduksi secara cermat (berdasarkan pada buku & # 39; pattern & # 39; buku masa lampau) yang menggambarkan gaya yang dapat diterima untuk unit hunian: Klasik, Victoria, Revival Kolonial, Pesisir, Mediterania, dan Prancis .

Kontrol arsitektur termasuk ketinggian lantai pertama dan kedua yang tidak dapat diganggu serta jenis jendela dan pintu, kemunduran, pemijatan dan penggunaan material per gaya standar. Perawatan teras, atap, dan fasad telah merekomendasikan standar desain juga. Sayap piket, area umum, dan jalan-jalan yang teduh seperti yang ditunjukkan dalam perspektif cat air konseptual aveberry Mayberry-Savannah-Charleston merasa dengan para penghuni senang rupanya menikmati kehidupan yang baik duduk di beranda depan tunggal dan lantai atas (sangat dianjurkan) menyaksikan dunia berlalu.

Saya tidak bisa meletakkan jari saya pada apa yang mengganggu saya kecuali saya ingat bahwa saya merasa Tuhan ada dalam perencanaan atau saya mendengar drum dari Third Reich. Model Strathmore dari pusat kota tampak sedikit dibuat-buat. Ini adalah monumen kecil milik Pelli, Venturi, Stern, dan Moore dalam bentuk bank, teater, apartemen, gedung perkantoran, pusat budaya, menara pengawas, dll. semua tertata rapi di blok terpisah. Rasanya seperti taman hiburan besar untuk ditinggali. Semuanya memiliki tempatnya, jalan utama berada di sumbu yang mengarah oleh zona komersial ke balkon tepi danau dengan jalan-jalan yang bersimpangan yang memungkinkan parkir minimum.

Kemunduran lebih lanjut adalah daerah pemukiman masing-masing dikelompokkan sesuai dengan ukuran banyak dengan alel memisahkan jenis dan juga menghilangkan garasi dua atau tiga pintu sedap dipandang dari depan jalan utama, tidak diragukan lagi peningkatan yang jelas atas Amerika ini khas tata ruang kota. Segalanya tampak sesempurna mungkin. Beberapa waktu setelah tahun 1940, disebutkan, "… arsitektur mengambil hak, kami mencoba melanjutkan pembangunan (bangunan yang dirancang dengan baik, tersirat) seolah-olah tidak pernah terganggu; kami mengambil garpu kiri di jalan." Sangat benar, saya setuju, kaum Modernis tentu saja menenggelamkan negara ini dan dunia dengan kelebihan fungsionalisme mereka yang dangkal. Saya rooting namun skeptis pada saat yang sama. Sebuah suara kecil di dalam diriku memintaku untuk berdiri dan membela … sesuatu – itu tidak ada.

Saya bertanya apakah pintu masuk harus dikunci. "Tidak diramalkan, kami ingin ini menjadi komunitas terbuka." Bagaimana dengan masalah keamanan? "Tidak ada kejahatan yang diantisipasi saat ini." Kami terkekeh melihat visi 40 dan kulit hitam berkeliaran di jalanan. Akankah pusat kota dapat mempertahankan dirinya sendiri? "Semua ruang saat ini sudah disewakan." Bagaimana Anda bisa membuat orang duduk di beranda depan di Florida dan kawanan nyamuk, terutama karena Anda tidak mengizinkan lampiran yang disaring? "Penggemar overhead akan mendinginkan dan menghalau kawanan." Yah, tidak ada lagi yang perlu dikritik, Disney sudah tahu semuanya. Puas kami semua pergi dan mengucapkan terima kasih kepada tuan rumah kami.

Keesokan harinya saya berkomunikasi beberapa bagian berikut:

Saya menyadari bahwa model Anda menggabungkan bentuk bangunan tradisional Eropa dalam pengaturan kota Amerika, tetapi tidak akan model yang lebih sukses (terutama untuk kewajiban kegiatan komersial) adalah untuk menyelesaikan lingkaran dan memperkenalkan kembali bahasa Italia klasik, Prancis atau Jerman prototipe? Mungkin ini akan menjadi tema Perayaan II? Ironi lain dari Celebration adalah bahwa saya ingat niat Walt untuk EPCOT adalah Kota & # 39; Kota Masa Depan & # 39; yang menyiratkan contoh nyata dari kehidupan dan kerja yang futuristik (kemajuan teknologi, dll.) node dan bangunan terkait. Saya kira kita telah melihat ke masa depan dan benar-benar tidak ingin di mana & # 39; tangan kanan & # 39; garpu memimpin. Untuk saat ini, kecuali ada alternatif yang terbukti lebih baik, saya harus setuju dengan janji bahwa Celebrations mengambil dan niatnya untuk mendidik kembali Amerika tentang apa yang seharusnya benar-benar terdiri dari komunitas. Di sini Anda memiliki tata ruang utopis yang akan menyalakan kembali percikan kenangan dan kerinduan pada semua orang yang berkunjung. "

Tapi sensasi tak enak itu terus menggigit perutku. Akhirnya saya menyatukannya: Pertama, seperti Seaside, komunitas ini dirancang untuk menjaga pengunjung tidak nyaman dari sekedar berkeliaran ke kota dan menikmati pemandangan. Kedua, dengan begitu banyak kontrol arsitektur, ketegangan organik untuk pertumbuhan kreatif digigit sebelum kuncup seperti injeksi Orwellian. Bahkan dengan enam gaya yang diizinkan yang penemuan arsitektur quixotic yang membuat jalan-scape begitu menawan dan vital tidak mungkin. Motif Victoria dicangkokkan ke Kebangkitan Kolonial tidak tampak kredibel. Mencampur Mediterania dengan Palladio dilarang klasik. Mengapa, tidak ada Sentuhan Modernis yang dapat dipikirkan! (Saya mengejutkan diri sendiri mendorong sedikit & # 39; styling kontemporer).

"… Namun jika satu-satunya bentuk tradisi, menyerahkan, konsisten dalam mengikuti cara-cara generasi langsung sebelum kita dalam ketidakpatuhan atau ketaatan terhadap keberhasilannya, & # 39; tradisi & # 39; harus secara positif berkecil hati. "

R. Venturi, 1966

Meskipun tujuan implisit Disney adalah untuk memperkenalkan inovasi menjadi lebih baik, rencana induk mereka belum cukup maju dalam praktik perencanaan perkotaan modern dalam hal ini kecuali untuk sterilisasi lebih lanjut. Kesemuan yang berdiri bebas dari pusat kota itu lebih mirip dengan perluasan fasad-arsitektur Universal atau Disney sendiri di banyak studio mereka. Saya akan selalu lebih memilih prototipe historis dari alun-alun kota Eropa (Italia, Yunani, Jerman, atau Prancis) dengan keaktifan dan spontanitas alami yang benar-benar absen dari CBD Amerika Serikat. (Untuk masalah ini, replika karikatur tema Dunia Lama di Dunia Disney tampaknya lebih berorientasi pada orang daripada pada perayaan!) Integrasi banyak tema perkotaan diperlukan untuk menghadirkan lingkungan yang kaya, terutama di pusat & # 39; . Sebagai contoh isi masa bertahun-tahun & # 39; pertumbuhan, pengontrakan, dan pembangunan kembali sangat penting untuk membentuk alur kontinuitas dan menambahkan tingkat pengayaan indikatif untuk kondisi perkotaan.

Segala usia di negara ini telah diruntuhkan untuk membuat kemajuan ekonomi sampai gerakan pelestarian berlangsung. Apa yang membuat contoh Kontinental sehingga menyusun adalah campuran dari yang lama (sejarah) dan baru, kepadatan dan campuran komersial dan residensial, dan bukti kehidupan –seperti disaksikan oleh orang-orang yang menikmati berjalan, kesempatan pertemuan sosial, belanja dan menonton, makan dan bermain, dll. Masalah utama di bawah konten adalah bahwa Celebration isolate andones berfungsi seperti begitu banyak rencana modern lainnya yang menghasilkan desain berpusat pada mobil yang sama atau pada dasarnya diletakkan di pinggiran kota. Pertimbangkan kehadiran sederhana pedagang kaki lima (dilarang secara khusus) yang menambahkan begitu banyak warna pada kehidupan jalanan. Dan ketika Interstate baru melewati begitu banyak komunitas yang lebih tua di negara kita, bahkan kesempatan bagi turis, pelancong, orang asing (terkesiap!) Untuk memperkaya warga dengan kesempatan pertemuan di alun-alun kota atau di pasar dipadamkan. Interaksi lengkap dengan dunia luar dibatalkan. Kota itu mati. Dilema ini terutama terjadi di kota-kota yang direncanakan seperti Celebration and Seaside dan host of others & # 39; a & l # 39; Americaine & # 39 ;.

Namun Anda tahu sebelum membeli ke Celebration bahwa inokulasi yang tepat telah dilakukan. Saya untuk satu kehilangan bau diesel atau kereta kuda di jalan-jalan berdebu Izmir, Turki (di mana saya menghabiskan masa muda saya) karena saya mungkin duduk di sudut kafe, memanggil vendor kacang panggang untuk mencicipi tanaman terbaru pistachio asin laut, sambil menunggu minyak daging domba rebus kukus untuk disajikan. Bukan hanya aroma tetapi juga pemandangan dan suara-suara serta sesama manusia yang terlibat dalam kehidupan sehari-hari mereka yang saya rindukan dan lingkungan yang kaya yang memelopori kegiatan ini. Arsitektur tidak bisa memecahkan masalah perencanaan. Hanya orang-orang yang bersatu untuk melestarikan kemanusiaannya.

Ironi terakhir adalah ini: lebih dari dua puluh lima tahun yang lalu Walt Disney menciptakan Kota Eksperimental Prototipe Eksklusif (EPCOT) sebagai sebuah karya ke rumah dan mempekerjakan populasi yang layak; orang-orang nyata di lingkungan kerja. Ini tidak terjadi. Apa yang terwujud adalah taman hiburan yang giat dan senantiasa usang yang semula direncanakan dengan agak menggairahkan (untuk anak muda di dalam kita semua) tetapi futsal & # 39; futuristik & # 39; wahana karnaval yang ditanggung oleh perusahaan Amerika. Sekarang Disney telah memutuskan bahwa masa lalu adalah kunci menuju masa depan. Dan mereka memiliki kendaraan totaliter untuk membuktikan bahwa mereka benar. Untuk sementara saya mendukung mereka, sekarang saya lebih yakin bahwa istri-istri Stepford akan memiliki tempat untuk mereka sendiri.

Pada saat keragaman dalam tampilan visual bangunan itu tidak masuk akal untuk menegakkan konformitas yang hanya merosot menjadi keseragaman. Dengan diterimanya prinsip pembaruan lingkungan lulusan, diharapkan untuk mengikuti praktik-praktik di masa lalu di mana mereka diterapkan: setiap periode menempatkan bangunan baru di samping yang sebelumnya dan tanpa mengambil elemen desain yang sebelumnya digunakan. Ini adalah praktik yang sehat, tidak terpengaruh oleh kurangnya kepercayaan diri atau oleh keinginan tidak wajar untuk membiarkan masa lalu mengendalikan masa kini. Ini telah melindungi daerah perkotaan dan semi-urban yang lampau dari menjadi museum dan itu membuat kegembiraan begitu banyak kota Inggris di mana bangunan dari periode yang berbeda berdiri berdampingan dengan kawanan bersama dan di mana sejarah kota-kota dapat dibaca dari perbedaan bangunan mereka. Siapa pun yang berjalan di sepanjang rue de Rivoli, jalan paling menyedihkan di seluruh Paris, akan memahami apa yang dimaksud dengan keberagaman & # 39 ;, perencanaan skala kecil, keintiman, dan nilai lingkungan lainnya yang biasanya ditemukan kembali . Oleh karena itu tidak ada lagi panduan desain & # 39 ;, tidak ada lagi kontrol tampilan visual oleh pejabat pendidikan visual dan kepekaan terbatas atau oleh tetangga yang ingin memaksakan selera mereka sendiri atau, seperti yang dipegang agen properti, untuk melindungi & # 39; ; investasi & # 39; dan motif tersembunyi mana yang tidak ada pemeriksaan. "

Walter Segal, 1980

Penutup

Setelah menerima beberapa kritik untuk pernyataan di atas dan setelah mempertimbangkan masalah ini saya menemukan studi sosial Pullman, Illinois (10 mil selatan Chicago) dianggap sebagai komunitas model yang dibangun pada tahun 1881 yang termasuk perumahan dan fasilitas layanan dasar (serta pabrik untuk Perusahaan Mobil Istana Pullman) di mana 8.000 orang tinggal dan bekerja. Sensitivitas saya terkejut pada kesejajarannya. "Salah satu gagasan utama Mr. Pullman" sebagai kritikus sosial dan ekonom Richard Ely menulis dalam analisisnya tentang kota "adalah nilai komersial kecantikan". Pullman menugaskan seorang arsitek tunggal untuk menyusun rencana dan mendesain seluruh kota. Ada pasar-rumah, teater, perpustakaan, kantor, toko, bank, hotel, pemadam kebakaran, fasilitas pendidikan, dll. Dalam menggambarkan jalan-pemandangan Ely mengamati:

Kesatuan desain dan berbagai pesona yang tak terduga kita saat kita berjalan melewati kota. Rumput selalu dengan lebar yang sama memisahkan rumah-rumah dari jalan, tetapi mereka begitu hijau dan rapi dipangkas sehingga orang dapat mengabaikan keteraturan bentuk ini. Meskipun rumah-rumah dibangun dalam kelompok dua atau lebih, dan bahkan di blok-blok dengan pengecualian beberapa bangunan besar dari flat murah, mereka tidak memiliki kemiripan dengan barak … atap Prancis, atap persegi, jendela atap, menara, tajam poin, titik tumpul, segitiga, persegi panjang tidak beraturan, adalah perangkat yang disimpan di dalam cerita atas untuk menghindari munculnya keseragaman yang tidak terputus. Sedikit pengetahuan tentang matematika menunjukkan betapa tak terbatasnya berbagai kombinasi yang mungkin dari beberapa elemen, dan apresiasi yang lebih baik dari fakta ini daripada yang ditunjukkan oleh arsitektur Pullman itu akan sulit ditemukan. Jalanan berseberangan satu sama lain di sudut kanan, namun di sini lagi keterampilan telah menghindari monoton mengerikan New York, yang kadang-kadang harus menggoda orang yang gugup untuk berteriak minta tolong. Alun-alun publik, arcade, hotel, pasar, atau beberapa bangunan besar sering ditempatkan di jalan yang begitu cerdik untuk memutuskan jalur reguler, namun tanpa ketidaknyamanan lalu lintas. Kemudian di penghentian jalan-jalan panjang, pemandangan yang menyenangkan menyapa dan mengurangi mata – sedikit air, hamparan padang rumput, rumpun pohon, atau bahkan salah satu bengkel yang besar tetapi rapi. Semua ini tumbuh pada pengunjung hari demi hari. Tidak ada fitur lain dari Pullman yang dapat menerima pujian yang membutuhkan sedikit kualifikasi sebagai arsitekturnya.

Sesungguhnya ia melanjutkan: "Sangat memuaskan adalah kesan pengunjung yang lewat dengan terburu-buru melalui Pullman dan hanya mengamati ketentuan yang luar biasa untuk kenyamanan material penghuninya saat ini. Bahwa wanita pertama yang pasti akan menjadi, & # 39 ; Sangat indah! & # 39;

Tapi kira-kira enam tahun setelah sekop pertama digali untuk memulai utopia ini, sebuah senapan besar pecah. Upaya Permanen Pullman untuk memaksimalkan keuntungannya melalui upaya memperindah kota dan memasukkan sebanyak mungkin kenyamanan praktis bagi pekerjanya, kerusakan yang tak terelakkan terjadi. Harus ditunjukkan bahwa seperti banyak kota perusahaan lain, para pekerja tidak memiliki properti mereka sendiri. Pemogokan, inisiatif individu, asosiasi amal dan asuransi bersama diwariskan, putus asa, atau dijatuhkan. Seorang wanita yang tinggal di Pullman selama dua tahun memberi tahu Ely bahwa hanya tiga keluarga di antara orang-orang yang awalnya masih tinggal di sana. Ely bertanya, & # 39; Itu seperti tinggal di hotel yang bagus, bukan? & # 39; Jawabannya adalah & # 39; Kami menyebutnya berkemah. & # 39;

Ely menyimpulkan: "Ada aresi di sini sebagai mana-mana dari setiap individualitas yang ditandai. Semuanya cenderung membasmi penduduk, seperti pada kota, karakter yang paling baik diungkapkan dalam mesin buatan. & # 39; Perhatikan bahwa dalam bagian ini miliknya referensi tidak untuk masalah sosial yang tidak diragukan lagi memiliki dampak negatif yang mendalam pada orang-orang tetapi lebih mengacu pada karakteristik arsitektur dan perencanaan yang sebelumnya telah digambarkan sebagai idilis! Dia selesai dalam ketegangan yang lebih politis, … kesimpulannya tidak dapat dihindari. bahwa gagasan tentang Pullman itu tidak Amerika. Ini adalah pendekatan yang lebih dekat daripada apa pun yang telah dilihat oleh penulis terhadap apa yang tampaknya ideal dari Kanselir Jerman yang hebat itu. Ini bukan cita-cita Amerika. feodalisme, yang menginginkan kebahagiaan orang-orang, tetapi dengan cara seperti itu akan menyenangkan pihak berwenang.Satu tidak dapat menghindari memikirkan almarhum Tsar Rusia, Alexander II., Untuk apa kesejahteraan rakyatnya benar-benar masalah yang memprihatinkan. Dia ingin mereka bahagia, tetapi menginginkan kebahagiaan mereka untuk melanjutkan dari dia, dalam segala hal yang harus dipusatkan. Para budak dibebaskan, keputusasaan dihapuskan, dan tidak ada keberatan yang tak dapat diatasi yang dibangkitkan untuk reformasi, sampai rakyatnya menunjukkan tekad yang kuat untuk mengambil tindakan di tangan mereka sendiri, untuk mengatur diri mereka sendiri, dan untuk mencari kebahagiaan mereka sendiri dengan cara mereka sendiri. "Berapa banyak kerusuhan di Pullman disebabkan oleh faktor sosial negatif dan berapa banyak yang dapat dikaitkan dengan infrastruktur fisik yang tampaknya bersifat utopis?

"Semakin banyak pengaruh yang bisa dilakukan seseorang terhadap lingkungannya, semakin dia berkomitmen."

Herman Hertzberger, 1980

Orang yang bebas harus secara bebas mengadopsi pilihan habituasi mereka dalam hal gaya, materi, biaya, dll. Di banyak wilayah di mana undang-undang yang berlebihan terjadi dengan kedok perlindungan integritas komunitas, hasil pengulangan yang membosankan karena ukuran, tinggi, terbatas, bahan, dan gaya. Selain rasio luas lantai dengan desain penahan yang menahan struktur yang dihasilkan (yang dengan sengaja mencari celah apa pun yang dapat digunakan lebih dari individualisme) sering kali merupakan upaya yang mengerikan untuk menggunakan orisinalitas atau kepribadian ke dalam lingkungan arsitektural yang menindas. Daripada benar-benar mengesahkan total desain, terutama gaya, mengapa tidak menyerahkannya kepada individu (dan arsiteknya!) Untuk memilih, berinovasi dalam rangkaian pedoman yang lebih baik?

Beberapa waktu setelah tahun 1940, disebutkan, "… arsitektur mengambil hak, kami mencoba melanjutkan pembangunan [of well designed buildings, implied] seolah-olah tidak pernah terputus; kami mengambil garpu kiri di jalan. "

"Ada aresi di sini sebagai mana-mana dari setiap individualitas yang ditandai. Semuanya cenderung membasmi penduduk, seperti pada kota, karakter yang paling baik diungkapkan dalam mesin & # 39; …

Maklum, konstruksi yang buruk dan skema yang disalahpahami seharusnya tidak diizinkan tetapi ditolak karena kanon yang ketat dari & # 39; Mediterania & # 39; atau & # 39; Prancis & # 39; tidak diikuti & # 39; oleh buku & # 39; membatasi pertumbuhan dan eksperimen kreatif yang dalam jangka panjang, jika diizinkan, menyediakan keragaman yang subur, kesegaran, ya bahkan kontroversial pada waktu yang hanya dapat memperkaya lingkungan binaan dan & # 39; memberdayakan & # 39; individu dengan hak kebebasan berekspresi. Gaya tidak boleh disahkan. Arsitektur yang buruk harus dihilangkan.

"Seorang arsitek yang baik akan selalu melakukan pekerjaan orisinal. Seorang yang buruk akan melakukan pekerjaan buruk & modern serta pekerjaan buruk (yang meniru) dengan bentuk-bentuk historis." P. Johnson, 1961

Sangat disayangkan bahwa di kota-kota yang baru berkembang dan komunitas yang lebih kecil, tekstur yang kaya dari model-model urban klasik tidak dapat direplikasi secara meyakinkan. Mengingat pilihan antara kota model yang dipasteurisasi dan dihomogenisasi dengan anomali filosofisnya yang tak terpisahkan, saya akan mengambil jalan berbatu yang telah usang ke jalanan berdebu yang berdebu melewati bangunan antik, runtuh dan lapuk dengan pintu-pintu kayu yang berdesakan dengan desain mempesona, di mana bau tukang roti & # 39 Roti ini menyerap keberadaan saya di pagi hari, melewati pasar di mana seseorang dapat menghirup aroma tomat segar, biji-bijian dan daging, membeli dari ladang di mana bahkan bau menyengat dari pak hewan bercampur dengan parfum eksotis, di mana gerombolan berkumpul untuk olok-olok harga barang-barang di bawah kanopi kanvas udara terbuka dan dengan para pedagang terselip di relung-relung batu yang kuat, di mana aroma kopi darat segar disajikan di kafe-kafe pinggir jalan, dan di mana bahkan bau selokan yang tidak sempurna bercampur dengan asap diesel. Di atas semua itu adalah orang-orang yang membawa tempat-tempat ini hidup, seperti aktor panggung di satu set di mana mereka memiliki kesempatan untuk melukis secara pribadi dan dengan mana mereka dapat mengingat sejarah mereka sendiri.

Kunci untuk vitalitas perkotaan, seperti LMRoth menjelaskan pandangan penulis promotor dan editor Forum Arsitektur di awal tahun enam puluhan Jane B. Jacobs, adalah "keragaman dan kompleksitas." Leonard Kip menulis tentang Genoa dalam The Building of Our Cities (1870): "Dengan kepuasan yang menggembirakan dia (pelancong) mengembara melalui lorong-lorong yang berliku-liku, menemukan kejutan baru di setiap sudut!" Dari Paris dia menggambarkan perasaan "Kehilangan diri kita … dengan pengetahuan penuh bahwa kita tidak bisa disingkirkan dari jalan …"

Amerika telah terlalu lama menerima buah dari prinsip perencanaan modern yang mempromosikan monoton pemandangan kota yang diidentifikasi dengan hafalan ke perencanaan manual yang dirancang dengan zonasi dispersif (bukannya impolosif) dengan isolasi yang dihasilkan dari bagian-bagiannya, pinggiran kota dan limbah infrastruktur. Jika & # 39; sebuah rumah seperti kota & # 39; kita semua akan hidup dalam pemborosan luar angkasa, koridor-koridor kosong menuju kamar-kamar yang jauh yang hanya koneksi-koneksi fungsional yang dapat dipahami melalui suatu sistem pemetaan. Kip dengan tepat menggambarkan komunitas dan lingkungan baru kami yang khas: "… ketika penduduk dapat melihat seluruh jalan berliku di depannya sebagai diorama, dia segera berhenti merasakan percikan rasa individu, tetapi, menangkap semangat orang lain, membangun dan membangun kembali dalam gaya yang sama seperti setiap orang di sekitarnya, dan dengan demikian, dalam memiliki rumah, menjadi pemilik, bukan dari rumah, tetapi murni dari sejumlah kaki linear diukur dari aturan. "

Pada pertengahan abad kedua puluh, Lewis Mumford mencela hasil peningkatan peruntukan ruang untuk mobil di kota-kota Amerika dan kota-kota yang mengklaim bahwa kota itu ada untuk perawatan dan budaya pria & # 39; daripada kompromi dengan monster mekanis. Los Angeles adalah lambang ketidaksensitifan sempurna dan efisiensi yang mematikan & # 39; (Leland M. Roth, America Builds) dari undang-undang Federal Highway Act dan ketentuan-ketentuannya hilang mutan. Mumford bertanya: "Mengapa ada yang harus mengambil mobil dan mengendarai beberapa mil untuk mendapatkan sebungkus rokok atau sepotong roti, seperti yang sering harus dilakukan di pinggiran kota? Mengapa, di sisi lain, harus menjadi minoritas yang sedang tumbuh. orang tidak bisa lagi berjalan untuk bekerja, dengan tinggal di pedalaman kota, atau, dalam hal ini, dapat berjalan pulang dari teater atau ruang konser. Dimana fasilitasnya kompak, berjalan masih menyenangkan orang Amerika: apakah dia tidak melakukan perjalanan ribuan mil hanya untuk menikmati hak istimewa ini di pusat kota bersejarah di Eropa? … Tidak ada yang bisa berbuat lebih banyak untuk memberikan kehidupan kembali ke inti perkotaan kita yang rusak daripada menginformasi kembali pejalan kaki, inalls dan pleasan yang dirancang untuk membuat sirkulasi menjadi menyenangkan! "

Pada titik ini, Perayaan melewatkan tanda. Meskipun lorong-lorong menyembunyikan mobil tata letak keseluruhan tidak benar-benar memaksa pejalan kaki untuk meninggalkan jalannya yang secara klinis dipesan dan usaha bahkan untuk barang terkecil. Pojok belanjaan pernah terbukti di kota organik bebas zona lalu tetapi tidak ada di sini. Perencanaan terlihat baik dari perspektif udara tetapi dalam kenyataannya tidak memberikan. Tampilan Charleston dan Savannah sedang dihadiri di sini tetapi aktivitas dan semangatnya akan absen setidaknya sebagai produk dari warga negaranya sendiri. (Oh ya, lampu-lampu di rumah-rumah penghuni ketidakhadiran Celebration akan diberi batas waktu untuk menyalakan dan mematikan pada malam hari seandainya pemilik rumah berada di time share Swiss mereka selama bulan Mei hingga Oktober.)

"Pembangunan kota adalah salah satu prestasi terbesar manusia. Bentuk kotanya selalu dan akan selalu menjadi indikator yang kejam dari keadaan peradabannya.

Edmund N. Bacon, 1967

Apakah Celebration mengarah ke kota Amerika yang klasik? Charles Moore (salah satu ikon Disney yang dipilih untuk salah satu struktur kota di Celebration) menandai sikap Amerika dalam menggambarkan & # 39; kontemporer Amerika Utara vernakular & # 39; sebagai: "karya suatu bangsa yang terdiri dari orang-orang yang pada satu waktu atau yang lain, dalam tingkat yang lebih besar atau lebih kecil, telah menghindari tradisi, untuk menyerang mereka sendiri." Tetapi dia menyimpulkan: "Beberapa tempat kami yang paling jelas dan meyakinkan di Faktanya, adalah fantasi, Williamsburg atau Disneyland. "

Disney harus diberi tepuk tangan atas usaha besar mereka, dan perhatian yang cermat terhadap detail seperti biasanya tetapi untuk mencoba yang ideal dan kehilangan tanda begitu jelas dengan mengatur tata letak kota impian mereka untuk mengecualikan komponen-komponen yang melembagakan jiwa dan darah kehidupan dari setiap komunitas (seperti berpengalaman dalam model kota yang hidup secara historis yang layak) hanya akan menghasilkan sekelompok agregat konstruksi yang mungkin ditinggalkan seperti kota-kota Amerika yang jalan-jalan utama telah dilewati, belanja diturunkan ke tempat super perifer, dan inti dalam kiri untuk membusuk. Jika tidak ditinggalkan oleh orang-orang pilihan yang akan menandatangani nama mereka di surat-surat hipotek, dikosongkan di jalan-jalan lebih mungkin. Arsitek James Marston Fitch mendeskripsikan jalan Italia sebagai "pengalaman paling indah dalam merangkul dan menutup ruang di bumi". Orang-orang yang memuaskan / streetscape yang diciptakan Disney dalam EPCOT adalah fantasi yang dinikmati oleh jutaan orang. Di sana efeknya tercapai, seperti yang dikatakan Bernard Rudofsky sebagai jalan-jalan yang dibuat "menjadi oasis dan bukannya gurun." Kota-kota seperti Charleston dan Savannah adalah model yang sempurna untuk komunitas yang hidup. Mereka mencerminkan apa yang telah dicirikan oleh Edmund Bacon di kota-kota Yunani kuno sebagai "keintiman tradisi yang diwariskan … dipertahankan." Mengapa tidak mencocokkan lebih dekat contoh kota mereka dan kota-kota lain yang memiliki vitalitas dan pesona yang sama dengan memikirkan kembali peraturan zonasi steril kami, mengurangi ukuran banyak tempat hunian pribadi yang boros, memadupadankan bidang kehidupan dan area kerja, dan menambah ruang hijau di lokasi yang paling menguntungkan ? Mendorong lalu lintas pejalan kaki tidak akan menjadi masalah jika layanan dan hiburan dekat, jika selama berjalan-jalan ke taman Anda juga dapat membeli beberapa bahan makanan, jika dalam perjalanan Anda bekerja Anda dapat dengan mudah membeli koran dan camilan dari penjual di jalan . Apakah ini terdengar seperti utopia? Itu sudah diselesaikan. Itu bisa dilakukan. Only the mindset and status quo –and our 90 year love affair with our cars prohibits this healthful and economic alternative.

[ad_2]